Thursday, March 14, 2019

Penyebab Cukup Tidur Namun Terus Mengantuk


Pernahkah anda sadari jika anda kelelahan maka anda akan merasa mengantuk ?
Nyatanya mengantuk bisa saja terjadi kapanpun bahkan dimanapun tanpa terkecuali apa yang sedang anda kerjakan. Lebih membuat khawatir lagi jika anda sudah merasa waktu tidur anda telah cukup namun masih saja tetap mengantuk.
Jika anda termasuk orang yang sangat aktif, mengantuk secara tiba-tiba ini pastinya akan sangat menganggu aktivitas anda. Dampak yang tidak baik dirasakan jika mengantuk tiba-tiba ini seperti pekerjaan anda terbengkalai atau tak dapat terselesaikan tepat pada waktunya.

Nah apa saja penyebab dari ngantuk yang datang dengan tiba-tiba ini, mari kita simak penjelasan dibawah ini bersama-sama.

Pertama : Central Sleep Apnea
Central Sleep Apnea adalah sebutan dari gangguan tidur dimana pernapasa terhenti sejenak saat tidur anda. Karena pernapasan berhenti sejenak saat anda terbangun maka anda akan kekurangan oksigen pada otak yang dapat menyebabkan rasa mengantuk yang over power.
Dampak dari ini akan semakin parah dengan ditambahnya rasa sakit kepala dan sulit untuk berkonsentrasi. Parahnya jika anda sering mengalami ngantuk yang datang dengan tiba-tiba maka akan memicu penyakit lainnya seperti Peradangan pada otak, Stroke dan Serangan Jantung.

Kedua : Ganguan Mental
Jika anda kesehariannya merasakan kecemasan, sedih serta merasakan depresi yang berkepanjangan pada kehidupan anda, maka akan otomatis anda akan merasakan ngantuk yang berkepanjangan juga. Pasalnya rasa ngantuk yang datang tiba-tiba ini karena kelelahan otak untuk berpikir merasa lelah maka anda akan terus membutuhkan istirahat agar otak anda merasa rilex.
Pernahkah anda berpikir bahwa kuantitas tidur tersebut harusnya berbanding lurus dengan kualitas tidur anda pada umumnya. Akan tetapi hal ini tidak akan berlaku jika anda sedang dalam kondisi emosi yang sangat tidak stabil. Nyatanya panjang durasi dari tidur anda yang menderita gangguan mental tidak akan berpengaruh pada keesokan harinya.

Ketiga : Hypersomnia
Nah untuk yang ketiga ini seperti contoh jika anda mengalami keinginan tidur secara terus menerus atau rasa ngantuk yang datang dengan tiba-tiba maka ini termasuk penderita Hypersomnia. Karena mengantuk yang datang dengan tiba-tiba ini maka anda akan merasakan sulitnya untuk berpikir pada umumnya. Kondisi ini sangat berbanding terbalik dengan penderita Insomnia akan tetapi penyebabnya hampir sama karena berpusat pada sistem kerja otak anda.
Cara mengobati Hypersomnia ini anda harus melakukan terapi stimulus sistem otak pusat yang dapat anda lakukan dengan bantuan tenaga kerja medis yang handal seperti dokter spesialis otak, agar otak anda dapat berkerja secara optimal dan tak terganggu oleh pemikiran yang tidak perlu.

Terakhir : Penyakit Kronis
Penyakit kronis biasa terjadi dari gangguan jatung, gangguan hati ataupun dari gangguan sistem peredaran darah anda. Cara untuk menanganinya anda harus memulai gaya hidup yang sehat pastinya harus mengkonsumsi makanan sehat, rutin berorahraga dan mempersedikitkan sikap-sikap yang dapat menimbulkan stress yang berkepanjangan.

Dapat anda mengerti bukan penyebab dari kondisi yang sering mengantuk atau seperti mengantuk tersebut dengan datang tiba-tiba pada diri anda. Nah saran kami untuk anda pecinta kesehatan yaitu belajarlah untuk hidup sehat seperti yang dijleaskan pada kalimat terakhir diatas agar rasa mengantuk yang datang tiba-tiba tersebut dapat anda atasi.
Oke jika artikel ini bermanfaat anda bisa share ke teman dekat anda, dan jika terdapat kesalahan maupun kalimat kami selaku penulis memohon maaf yang sebesar-besarnya.

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya