Tuesday, March 12, 2019

Penyebab Susah Tidur Atau Insomnia Pada Malam Hari


Baru-baru ini terdengar dari hasil penelitian asal Negara Inggris telah mengungkapkan masalah susah tidur pada malam hari bisa disebabkan oleh alasan tertentu seperti kesepian. Nah sebuah peneletian yang sudah dilakukan oleh Negara Inggris mendapatkan laporan bahwasannya tingkat kesepian seseorang dapat mempengaruhi pola tidur mereka. Ironisnya penetian ini dilakukan terhadap 2.200 anak remaja di Negara Inggris dan Wales.

Hasil dari penelitian ini terdapat 25 samapi dengan 30 persen dari jumlah diatas terkadang merasa akan kesepian, dan juga 5 persen lainnya sering merasakan kesepian. Kesimpulan dari para peneliti tersebut orang yang kesepiannya terdapat 24 persen lebih mungkin merasa sulit dan lelah berkonsentrasi pada siang hari, karena memiliki ganguan tidur pada malam hari. Namun apakah hubungan antara kesepian dengan ganguan tidur !

Nah menurut para ahli menyatakan Hubungan antara kesepian dengan ganguan pada tidur memiliki pola seperti linkaran yang tak bisa berhenti. Faktanya rasa kesepian dimalam hari akan menyebabkan kesulitan untuk berelaksasi dan juga bisa membuat anda terbangun pada waktu ditengah-tengah jam anda tertidur pulas. Efeknya akan dirasakan jika anda kekurangan jam tidur maka waktu tidur anda akan sangat berkurang serta dapat meningkatkan efek stress akibat rasa kesepian yang cendrung tiada akhir.

Hubungan antara sulit tidur dan kesepian akan semakin berisiko karena akan memicu timbulnya depresi serta ganguan kecemasan. Fakta dari penelitian tersebut ada sebanyak 70 persen dari peserta yang merasa kesepian dan berdampak dengan pola tidur yang tidak teratur atau tepat waktu. Dampak tidak baiknya jika anda kekurangan tidur maka akan berkemungkinan anda akan lemah dan berpikir terlalu lama hinga dapat menjadi korban kekerasan dan pelecehan seksual karena kelalaian anda dapat memproteksi diri anda sendiri.

Kesimpulan lainnya dari fakta penyebab susah tidur ini pastinya pada saat waktu malam akan muncul rasa gelisah pada waktu akan menjelan tidur sangat bisa terjadi. Karena pada dasarnya mereka akan merasakan kurang aman atau bisa juga akibat respon stress biologis lainnya yang cendrung meningkat. Dari hasil penelitian ini juga mengungkapkan hampir seluruh dari peserta tersebut merupakan mahasiswa perantau yang pastinya tinggal jauh dari rumah untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Jadi jika anda mempunyai teman yang asal usulnya bukan orang asli penduduk dari wilayah tersebut, perbanyaklah menghabiskan waktu untuk memberi mereka ruang agar mereka tidak merasa kesepian. Sehinga mereka tidak terkena pola waktu susah tidur yang dapat mengakibatkan dampak dari penjelasan diatas.

Jangan lupa jika artikel ini bermanfaat silahkan untuk share keteman dekat anda agar banyak dari mereka yang mengetahui hal ini.

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya